Sabtu, 21 Mei 2011

TIPS MENYETOK KUE KERING

Lebaran masih beberapa bulan lagi. Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari momen lebaran adalah cemilan yaitu kue kering. Entah apapun itu jenis kuenya, hampir selalu kita temui dalam setiap rumah. Saat ini semakin banyak pula kita jumpai kue kering siap saji di supermarket2 besar hingga minimarket. Namun itu tak berarti kita tak bisa membuatnya sendiri. Tentu hasil karya sendiri lebih bernilai dan kita juga bisa memastikan setiap kandungan bahan yang kita pakai serta menjaga mutu dan kualitas kue kering untuk santapan keluarga.
Untuk menyetok kue kering sebaiknya dibuat jauh - jauh hari sebelum Lebaran karena pembuatan kue kering memakan waktu yang lebih lama. Karena membuat kue kering menjelang hari H cuma akan menguras tenaga kita yang pasti akan semakin disibukkan dengan kegiatan2 lainnya. Untuk menyetok kue kering haruslah diperhatikan hal - hal berikut ini agar kue kering yang kita buat tidak tengik begitu disuguhkan.
  1. KUALITAS PRIMA : kualitas bahan kue yang kita gunakan harus betul - betul baik. Penggunaan tepung yang sudah lama dan apek juga harus dihindari karena akan membuat kue kering berbau apek pula. Jadi berhati - hatilah dengan tepung yang sudah berkutu. Selain itu pemilihan margarin atw mentega juga sangat penting. Perhatikan tanggal kadaluarsanya. Sebaiknya menghindari margarin atw mentega yang sudah mendekati kadaluarsa agar kue kering tidak mudah tengik.
  2. PENGADONAN YANG BERSIH : pastikan setiap alat yang kita pakai mulai dari baskom, spatula, loyang kue kering hingga tangan kita bersih. Pembuatan yang jorok dan tidak steril akan mempengaruhi daya tahan kue kering itu sendiri.
  3. PENGOVENAN YANG AGAK LAMA: kue kering bisa saja sudah matang kalau kita oven 15 menit dengan api yang besar. Namun kue kering seperti ini biasanya kurang tahan lama. Lebih baik gunakan api yangs edang saja lalu oven kue agak lama. Sehingga kue kering bukan saja tahan lama, namun kerenyahannya juga berumur panjang.
  4. KEMASAN BERSIH : bila kita membuat kue kering untuk sajian di rumah, pastikan beberapa hari sebelumnya stoples yang akan digunakan untuk menyimpan kue kering telah kita cuci bersih dan benar - benar kering. Kalau perlu seduh dengan air panas agar bebas lemak. Setelah dicuci bersih, keringkan , kalau perlu kita jemur. Stoples yang basah atau masih lembab akan membuat kue kering mudah berjamur.
  5. KEMASAN TERTUTUP RAPAT : stoples atw kaleng yang digunakan sebaiknya punya tutup yang rapat agar kue kering tidak terpapar udara berlebih yang akan membuat kue kering mudah lembek/melempem.
  6. MASUKKAN SETELAH KUE DINGIN : dinginkan kue kering yang telah matang, dan masukkan dengan segera ke dalam stoples. Ada baiknya menghindari kipas angin untuk mendinginkan kue kering ini, karena bisa saja permukaannya telah dingin namun dalamnya masih hangat, sehingga ketika stoples ditutup, kue akan berembun. Akibatnya kue kering akan mudah berjamur.
  7. HIAS MENJELANG DISUGUHKAN : seringkali kita jumpai kue kering dengan hiasan coklat entah dicelupkan atw di lelehkan di atasnya. Sebaiknya bila ingin menyajikan kue kering dalam DCC, lakukan menjelang disajikan atw beberapa hari sebelum hari H. Karena udara Indonesia yang panas seringkali melelehkan coklat sehingga menjadikan penampilan kue terlihat buruk rupa dan stoples pun kelihatan kotor.
  8. KALAU KUE KERING LEMBEK : beberapa hari sebelum hari H, sebaiknya cek kondisi kue kering. Bilamana ada yang tetap lembek, oven ulang. Panaskan oven, tata kue kering di loyang, tidak perlu di poles mentega. Oven kue beberapa menit saja asal kue sudah renyah kembali. Jaga agar jangan sampai gosong.
Beberapa tips di atas mungkin bisa membantu kita dalam menyiasati pembuatan kue kering agar lebih awet tanpa bahan pengawet. semoga bermanfaat....^^

source : Tabloid SAJI edisi 31/2004

6 komentar:

  1. Pakai bahan berkualitas prima, betul itu. Selain untuk menghindari kerusakan kue, juga untuk menjaga aspek yang penting dalam makanan : rasa. Pakai bahan berkualitas rendah memang hemat, tapi rasa gak bisa dihemat kan :)

    BalasHapus
  2. yup...karena rasa g bisa bohong(mirip iklan aja.:D)
    makasih buat visitnya...^^

    BalasHapus
  3. Ada baiknya ditambahkan 1 bks silica gel ke dlm toples, utk menjaga agar tdk lembab shg kue kering tdk cepet mlempem & njamur..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Terus biar makin enak bisa langsung didinginkan di jual display cooler nih Gan/sis :D Btw, kira-kira aman nggak ya kalau disipan disitu? :o

    BalasHapus
  6. hallo mau tanya bagaimana membuat kue bolu yang pinggirannya krenyes dan tahan lama? terimakasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...