Selasa, 06 September 2011

TIPS BOLU GULUNG MULUS

Bolu Gulung...siapa yang tak kenal dengan kue yang satu ini. roll cake sebutan lainnya...:)
membuatnya pun sebenarnya tak sesulit yang kita bayangkan, asalkan kita tahu trik dan tipsnya agar bolu gulung yang kita hasilkan bisa mulus dan cantik...
berikut ini saya share tips bolu gulung mulus yang saya ambil dari Tabloid Koki edisi 00149 Mei 2009....
Kunci sukses membuat bolu gulung:
  1. gunakan tepung terigu protein sedang untuk membuat adonan cake, karena kue jenis ini tidak membutuhkan gluten yang tinggi.
  2. tekstur rollcake biasanya lembut karena penggunaan kuning telur yang banyak. jika kuning telur yang digunakan tidak terlalu banyak, bisa disiasati dengan penambahan sedikit tepung maizena ke dalam adonan agar hasilnya tetap lembut.
  3. waktu melelehkan margarin / mentega pastikan jangan sampai air dan minyaknya terpisah karena hal ini bisa menyebabkan cake cepat kering dan adakalanya ada bagian yang mengendap  / bantat pada dasar cake.
  4. untuk rollcake yang dikukus yang biasanya menggunakan penambahan bahan cair dalam adonan, gunakan santan atw susu cair agar hasilnya gurih.
  5. pastikan rasa cake tidak terlalu manis agar rasanya berpadu jika dioles dengan bahan olesan.
  6. jangan mengocok adonan terlalu kaku atw terlalu lama karena hal ini dapat menyebabkan pori2 kue besar dan tekstur cake kasar jika sudah matang.
  7. cetak rollcake menggunakan loyang biasa, zig - zag atw kombinasi keduanya dan disarankan gunakan loyang yang tidak terlalu tinggi. serta alasi loyang dengan kertas roti bersemir mentega / margarin agar cake tidak lengket saat dikeluarkan.
  8. oven adonan dalam suhu tinggi ( 200 derajat Celcius) dan waktu yang cepat agar cake tidak kering. jika cake agak tebal gunakan oven bersuhu 165 - 180 derajat Celcius. gunakan api atas dan bawah agar cake matang sempurna ( bila ada ). jika menggunakan oven biasa, letakkan cake di rak tengah untuk awal memanggang, lalu pindahkan ke rak atas jika sudah menjelang matang dan matikan api agar permukaan cake bisa kecoklatan namun tidak kering.
  9. untuk rollcake kukus, gunakan api sedang saat mengukus agar cake tidak pecah (berlaku pula untuk browkus). jangan lupa bungkus tutup kukusan menggunakan kain agar uap air tidak menetes pada permukaan cake.
  10. untuk variasi tampilan rollcake bisa diisi dengan potongan cake warna warni yang disusun secantik mungkin. juga sekarang rollcake tak selalu bulat, bisa kotak ataupun segitiga. 

Teknik menggulung Rollcake agar mulus:
  1. sebelum menggulung, pastikan permukaan cake kering, tidak lengket saat dipegang dan tidak berbunyi pess pess.
  2. siapkan kertas roti atw kain serbet bersih sebelum menggulung cake. bila perlu taburi permukaan kertas atw kain dengan gula halus agar cake tidak menempel pada saat kertas dibuka.
  3. untuk filling bisa menggunakan selai, jeli, vla butter ceram atw whipping cream untuk memperkaya rasa rollcake dan juga sebagai perekat saat digulung. untuk bahan olesan yang leleh jika terkena panas, gulung cake setelah dingin. untuk cake yang bahan olesannya agak cair, simpan dahulu di lemari pendingin beberapa saat sebelum dipotong.
  4. untuk cake yang menggunakan loyang zig zag, sebaiknya masukkan bahan isian ke dalam plastik segitiga yang sudah dilubangi sesuai lebar zig zagnya. kemudian tinggal semprotkan bahan isian pada lubang zig zag dan ratakan dengan ujung sendok atw pisau kecil dengan cara ditarik.
  5. agar hasil olesan rapi, untuk ujung yang pertama digulung bisa dioles agak tebal, sedang untuk sisi yang jadi akhir gulungan, oles tipis2 saja agar tidak belepotan dan mengotori cake.
  6. rollcake bisa digulung saat dingin maupun hangat tergantung tekstur cake dan bahan isian nya. apabila cake tidak terlalu lembut disarankan digulung saat masih hangat agar tidak pecah.
  7. rapatkan kedua ujung pembungkus rollcake dan pastikan cake sudah dingin saat pembungkus dibuka untuk memastikan gulungan tidak akan terbuka kembali.
well...panjang banget yah? hehehe...semoga share nya bermanfaat dan bisa membuat kita semakin bersemangat menaklukkan si rollcake ini. pasti bisa...^__^
happy baking temans...:)

12 komentar:

  1. Makasih kakak.. tips nya. Kak klo pake oven tangkring apa bisa bikin roll cake yg berkulit.. kecoklatan permukaannya

    BalasHapus
  2. Saya pakai otang manggangnya. Hasilnya permukaan susah kering. Kalau kelamaan malah bolu jadi keras. Galau bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pake otang,kalo ga lama bisa mulus tapi cake agak mlepes gitu alias blm padat,tapi kalo padat pasti jadi sobek roll nya.bagaimana y trik nya?

      Hapus
  3. Saya setiap bikin kulitnya terkelupas knpa yaa 😠

    BalasHapus
  4. Saya barusan buat bolgul
    Dan pnykitnya sllu sikulit nmpel dikrtas roti..
    Besok mau nyoba lg deh ditburi gula hlus dlu krtsnya

    BalasHapus
  5. kenapa sama..kukitnya punt terkelupas...trs smgat yaaa pasti bs menakhlukan roll cake

    BalasHapus
  6. Mbak, tips agar permukaan cake kering tidak basah gmna ya saat memanggang? Soalnya ketika digulung motif yg kita sudah buat jd lengket ke kertas rotinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab yak,kayanya ada dipoin atas td Bun,stelah mateng matikan kompornya,cakenya dibiarkan saja jgn langsung dikeluarkan biar atasnya kering dulu,sama halnya dengan bolu biasa buat atasnya gak basah.

      Hapus
  7. Kenapa ya saya buat bolu gulung tekstur sudah lembut,kulit juga sudah coklat dan gak terklupas rapi lah kali masalah penampilan, tapi setelah digulung dan beberapa saat kemudian bolunya seperti basah kaya lembab gitu gak bisa kering

    BalasHapus
  8. Saya ud berhasil bikin hasilmya bagus
    Tapi kenapa keesokan harinya
    Di bagian tengah ada semacam lapisan kuning tua yg posiainya melingkar sepanjang kue. Padahal tidak bantat

    BalasHapus
  9. Bolu gulung saat di panggang bagus rapi tp pd,saat di gulung sebagian lengket fi kertas jd motipnya ilang trus pinggirnya retak2

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...