Kamis, 15 Desember 2011

Step by Step membuat Puding Cake

Puding cake...hmmm...mendengar nama kue ini pasti yang terbayang adalah cake dengan lapisan busa dan agar2 di atasnya.suatu paduan yang pas menurut saya. apalagi dipadu dengan gurihnya santan dan aroma pandan yang makin membuat jajanan satu ini makin disuka.^__^
tapiiii....sering dapat keluhan tentang pembuatan puding cake ini. salah satunya, kenapa sih kok antara putih telur dan agar2nya memisah setelah dingin? nah,kali ini dapur sheryl sengaja buatin foto step - step bikin puding cake biar hasilnya cakep n seksihhh...:D
untuk resep lengkapnya bisa dilihat pada entriku di sini ya...mungkin ada sedikit perbedaan pada tahap memasukkan kuning telur, tapi dalam step ini saya pake cara yang lebih simpel.sooo...coba bikin yuukk...:D

  1. masukkan 150 gr gula dan 1 bungkus bubuk agar2 ke dalam panci kecil. tambahkan 300 cc santan cair atau bisa juga diganti dengan susu cair. suka2 yaaa...:)
  2. siapkan baskom yang benar2 bersih dari apapun, baik dari air, minyak, ataupun dari kuning telur. bila perlu, keringkan dengan tisu. pisahkan putih telur dan kuning telur. masukkan kuning telur ke adonan agar2 yang belum dimasak, aduk dengan whisk atau dengan sendok sayur juga bisa.



 3. masak adonan agar2 dan kuning telur sambil diaduk hingga mendidih. matikan api. setelah itu, kocok putih telur yang telah diberi sedikit air jeruk nipis hingga mengembang, tambahkan 50 gr gula dan 1 sdt garam, kocok lagi hingga kaku.


 4. aduk adonan agar2 hingga sedikit turun suhunya, ini dimaksudkan agar putih telur bisa bercampur dengan baik dengan agar2. tambahkan perisa pandan atau rasa lainnya sesuai selera, aduk hingga rata.
 5. sambil dimixer, masukkan larutan agar2 secara perlahan, kocok hingga benar2 menjadi adonan yang homogen.

 6. tuang adonan busa ke atas cake yang telah diletakkan dalam loyang (bentuk cake dan loyang juga bisa disesuaikan dengan selera), setelah itu, ratakan dengan spatula, ketuk2 kan ke meja agar rongga udara yang ada bisa terisi dengan adonan busa. diamkan hingga permukaannya mengeras (membal saat disentuh). untuk mempercepat proses, bisa dibantu dengan kipas angin.


 7. setelah lapisan busa membeku, tuangkan larutan agar2 bening yang telah diberi warna sesuai selera. agar lapisan busa tidak rusak saat dituangi agar2, jangan tuangkan langsung ke atas lapisan busa, tetapi tuangkan pada sendok sayur terlebih dahulu sehingga cairan agar2 bisa turun dengan perlahan tanpa merusak lapisan busa.





nahhh...penampakannya setelah dipotong jadi seperti ini. cantik kan?puding cake juga bisa divariasikan dengan  menggunakan rollcake, dengan bentuk segitiga. lebih catchy penampilannya...
Selamat mencobaa...
happy baking yaaa...^__~

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...