Senin, 16 Mei 2011

KLAPPERTART

akhirnyaaa....bisa update blog juga. setelah beberapa hari yang lalu g bisa dibuka karena masih ada perbaikan (?), n yang punya blog juga lg sibuk menyibukkan diri dengan orderan, baru sekarang nie bisa menampakkan tulisan lagi.hehehe...
penampakan klappertartq yang kedua....sebelumnya emang udah pernah bikin,cuma ga aq pakein topping,langsung masuk kulkas.kalo yang ini pake topping putih telur kocok, taburan almond slice, kismis,keju n bubuk kayumanis.hemmm...wanginya kayumanis semerbak saat klappy ini mulai matang. 
kelembutan klappy yang dipadu kelapa muda bener2 bisa bikin merem melek yang makan,apalagi klo abz masuk kulkas.xixixi...lebay.com
sayang banget orang rumah g doyan makanan yang aneh kayak gini,so aq bagiin aja ke pegaweq.xixixi...biar ndeso paling g mereka jd bisa tw gmn rasa klappy.:)

bahan:
50 gr tepung terigu
500 cc susu cair
1/2 kaleng SKM
vanili
75 gr mentega
100 gr gula pasir
3 butir telur
500 - 750 gr kelapa muda

bahan topping:
60 gr putih telur
1/8 sdt garam
50 gr gula halus

taburan ( opsional):
almond
kismis
keju
bubuk kayu manis

cara membuat:
  1. larutkan tepung terigu dengan sedikit air, masukkan ke dalam panci sambil disaring.
  2. masukkan susu cair, setengah bagian dari SKM, vanili, mentega, gula dan telur. aduk rata.
  3. masak di atas api sedang sambil terus menerus diaduk perlahan searah sampai adonan mengental, masukkan kelapa muda, aduk rata.
  4. setelah mengental, masukkan setengah bagian lagi SKM, aduk rata, angkat.
  5. siapkan cup alufo atw pinggan tahan panas, masukkan dalam cup, oven dengan au bain marie selama kurleb 90 menit dengan suhu 180 derajat celcius.(tergantung oven masing2 jg).
  6. topping: kocok putih telur dan garam hingga mengembang, masukkan gula,kocok kaku. masukkan dala piping bag, beri spuit ujungnya, semprotkan di atas klappy.
  7. beri taburan sesuai selera, oven 15 menit sampai kecoklatan.,angkat, dinginkan.
  8. lebih enak disajikan dingin setelah dimasukkan dalam lemari pendingin.
untuk resep ini bisa dijadikan versi unbaked, jadi setelah adonan klappy matang, langsung dimasukkan dalam cup, dinginkan dan masukkan dalam lemari pendingin. teksturnya lebih cenderung mirip vla,jadi lembut banget n di tambah dengan kelapa muda yang bikin makin enak.
agar klappy lebih awet, kelapa muda yang digunakan lebih baik direbus hingga mendidih dengan menggunakan air kelapa.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...