Selasa, 26 April 2011

SOES ANGSA

kue soes angsa ini sebenernya bahan - bahannya sama aja dengan kue soes yang bentuk standart. hanya sebagai variasi bentuk lainnya.cm kekurangannya kue ini g bisa dipacking dalam jumlah banyak sekaligus,kudu satu - satu masuk ke kotak. harusnya di atas vla ada buahnya, tapi pas bikin pas g punya buah, jadi polos deh.xixixi...:D
resep ini udah aq pake bertahun - tahun buat bikin kulitnya.
bahan:
500 cc air
125 gr(kadang aq pake 150 gr) mentega/margarin
250 gr tepung terigu
1 sdt garam(aq pake kira2 aja.heee..)
1/2 sdt baking(lagi2 pake kira2)
6 - 7 butir telur (tergantung keinginan kita,kalo pengen mudah di spuit,adonan lebih byk telur tapi hasilnya jd mbleber,kalo pengen kokoh,adonan dikurangi pemakaian telurnya,tapi emang rata2 sekisaran segitu per 250 gr tepung)

cara membuat:
  1. didihkan air,garam dan mentega, masukkan tepung terigu,aduk hingga kalis (tidak menempel di panci)
  2. angkat, dinginkan (di resep lain ada yang g sampai dingin,cukup hangat saja.tapi semua kembali sama yang bikin masing2.)
  3. letakkan bahan kulit di baskom,beri baking powder,kocok dengan ditambah telur satu - persatu hingga dicapai tingkat adonan yang diinginkan.
  4. panaskan oven.
  5. poles loyang kuker, spuit adonan sesuai bentuk yang diinginkan.
  6. oven, jangan dibuka sebelum terlihat menguning bagian atasnya, baru bila ingin dipindahkan ke rak oven lainnya bisa dibuka. sekitar 30 - 45 menit,tergantung oven masing - masing.karena aq hanya pake otang dan g ada termometernya, jadi sekedar pake feeling. tapi q biasa pake api besar,biar soes cepet mengembang.
tips:
  1. mixer adonan hingga bener2 menyatu, biar soes bisa mengembang sempurna.
  2. mungkin di resep lain baking di campur dengan tepung dan dimasak bersama air dan mentega, tapi aq emg nyampur bakingnya bersama telur. cz menurutq ntar kalo bakingnya ikut dimasak, bisa ilang dunk khasiat bakingnya.hehehe...just my feeling.
  3. masukin telurnya satu - satu biar adonan g sampai terlalu lembek.cz kalo terlalu lembek dah g bisa diperbaiki walaupun masih tetep bisa dispuit. dan bentuk soes jadi kurang menarik(menurutq)
    itu aja share dari aq teman. lain lubuk lain ikannya, lain orang lain resep n triknya. semua kembali pada keinginan masing - masing orang. met mencoba ya teman...:)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...