Senin, 11 Juli 2011

ROLLED COTTON CAKE with AMERICAN FROSTING

 
ROLLED COTTON CAKE with AMERICAN FROSTING
PR LBT # 7 : COTTON CAKE
BY : YULI ANITA SARI ( # 10 )

finally....its cotton cake party time...^^
alhamdulillah bisa setor ontime...pertama tau PRnya langsung hunting resep nya. kebetulan sebelumnya udah pernah bikin CC ini juga udah pernah bikin CCC pula, jd sedikit banyak dah paham karakter cake ini. apalagi dibantu share teman2 di grup, bikin makin PD buat ngerjain PR kali ini.
mungkin banyak teman2 yang punya ide sama dengan aq, tapi tiap orang punya kreatifitasnya masing2. so, biar sedikit beda, aq beri frosting di bagian atasnya plus taburan coklat bubuk, jadi bikin makin nyuss aja kuenya. hehehe...
tekstur cotton cake ini bener2 lembut banget. apalagi dengan teknik ABM yang membuat teksturnya lebih lentur. walopun ada kejadian setelah kuenya q angkat, ternyata alufo yg aq pake buat ngelapisin loyangnya ternyata bocor.hiks...padahal dah pake 2 lapis. tapi untunglah hasil akhirnya sukses besaaarrr.hurraayyyy...^^
seperti biasa aq ambil dari resep Tabloid KOKI edisi 00117 Maret 2008, cuma aq bikin 1/2 resepnya aja.
here you are the recipe...

ROLLED COTTON CAKE
bahan I:
250 cc putih telur
125 gr gula pasir
75 gr tepung protein rendah
87 gr butter / margarin
1/2 sdt cream of tar-tar (aq skip, aq ganti sedikit garam dan air perasan jeruk nipis)

bahan II:
9 kuning telur
1 putih telur
87 cc susu cair
25 cc krim kental
1/4 sdt vanili bubuk

olesan:
75 gr cream cheese
40 gr keju cheddar parut
75 gr susu kental manis, campurkan semua bahan hingga rata

american frosting:
2 putih telur
20 cc air
10 cc sirup vanila
sedikit air jeruk nipis
120 gr tepung gula
coklat bubuk untuk taburan

cara membuat:
1.Panaskan oven suhu 160 derajat Celcius. poles loyang ukuran 24 x 24 x 4 cm dan loyang ukuran 24 x 7 x 4 cm, lapis dengan kertas roti.
2. Adonan I: bagi terigu menjadi 2 bagian, ayak masing2 bagian sebanyak 3x atau lebih. sisihkan.
3. Campur gula pasir dan garam, aduk rata. kocok putih telur dan air perasan jeruk nipis dengan mixer (pake speed sedang) sampai setengah mengembang, masukkan campuran gula pasir sedikit2 hingga putel mengembang soft peak. sisihkan.
4. Lelehkan butter, sisihkan.
5. Adonan II: kocok kuning telur, putih telur, dan vanili dengan balloon whisk hingga rata. rebus susu cair dan krim kental hingga hangat. masukkan susu dalam kuning telur, kocok sambil diaduk hingga rata.jaga agar suhunya tetap hangat dengan cara meletakkannya dalam baskom berisi air hangat.
6. Masukkan sebagian tepung terigu dan butter cair ke dalam adonan II, aduk rata. tambahkan putih telur kocok dan sisa terigu secara bergantian, aduk lipat dengan balloon whisk hingga rata.
7. Ambil sedikit adonan,beri pewarna merah dan hijau, tuang bersisian dalam loyang kecil. tuang sisa adonan dalam loyang yang lebih besar, ratakan.
8. Oven dengan Au Bain Marie selama kurleb 45 menit (tergantung oven masing2). matang, matikan api, biarkan dalam oven selama kurleb 10 menit, baru keluarkan dari oven dan keluarkan dari cetakan. dinginkan.
9. Potong cake hijau dan merah, rekatkan dengan bahan olesan. poles cake dasar dengan bahan olesan, letakkan cake warna di atasnya, gulung dan padatkan.
10. American Frosting: campur putih telur, air, sirup vanila, air perasan jeruk nipis dalam pinggan tahan panas. rendam di atas air panas sambil dikocok kurleb 3 menit sampai mengembang. tambahkan tepung gula sedikit2 sampai mengembang. poleskan ke atas permukaan cake, beri taburan coklat bubuk, potong2 dan sajikan.

SALAM LBT...^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...