Kamis, 19 Januari 2012

STRAWBERRY TARTIN FLOWER 4 LBT 1st Anniversary

LBT 1st  ANNIVERSARY
STRAWBERRY  TARTIN FLOWER
SARI BUNDANYA SHERYL
ID : 10

Alhamdulillah...g kerasa udah setahun grup baking tercintaq LBT hadir menemani hari2q.(lebay mode on). Dan selama itu pula sudah banyak banget ilmu yang aq dapetin dari hasil sharing dengan teman2 sesama baking lovernya. Semakin banyak teman juga tentunya...^^
Untuk edisi ulang tahun ini, para host sengaja membebaskan anggotanya untuk berkreasi sebebas mungkin dengan tetap pada tema ulang tahun. Sempat bingung dan mati gaya mow bikin apa buat setor kali ini. Sempat mikir mow bikin cake yang dihias, tapi aq ngerasa itu g spesial sama sekali,coz hampir tiap hari bikin buat orderan, jadi berasa biasa. Sempat pula mikir mow bikin paris brest hasil ngintip blognya mbak Rachmah, tapi belum sreg juga. Akhirnya H-2 pagi2 pas baca koran Jawa Pos, nemu di artikel kulinernya, kok rasanya sreg. Okelah, berhubung udah ada bahan semua di rumah, malamnya langsung tancap gas buat bikin. Beberapa bagian disini aq modif, dari yang aslinya pake sirup maple, aq ganti dengan penambahan selai strawberry homemade. Juga bentuknya yang aq bentuk bunga, makin cantik kan?nama aslinya sebenarnya panjang banget, Strawberry Tartin Double cream with Maple Syrup. Nah, berhubung aq bentuk bunga n peniadaan sirup maple, aq ganti sekalian deh namanya.:)
Untuk step by stepnya, bisa diintip di blogq...www.dapur-sheryl.blogspot.com
Untuk resepnya aq pake resep aslinya aja yaa...here you are...

Strawberry Tartin Flower
Source :  Jawa Pos edisi Senin, 09 Januari 2012-01-10
Modified by me...
Bahan pastry :
500 gr tepung terigu (lebih bagus pake protein tinggi)
15 gr garam
125 gr mentega
200 cc air
250 gr korsvet

Pelengkap :
Strawberry secukupnya, potong jadi dua
Selai strawberry homemade
1 butir kuning telur
Whip cream kocok siap pakai

Cara membuat :
  1. 1.       Campur tepung terigu, garam, mentega, aduk dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa digilas. Bungkus dengan plastik rapat, masukkan dalam kulkas ½ jam.
  2. 2.       Keluarkan adonan, gilas hingga berbentuk persegi empat. Gilas juga korsvet berbentuk persegi empat. Letakkan di tengah adonan, lipat adonan berbentuk amplop.
  3. 3.       Gilas kembali, lipat menjadi tiga. Ulangi proses ini hingga empat kali.
  4. 4.       Gilas adonan setebal 0,5 cm dan cetak bentuk bunga. Untuk bagian atas, cetak bagian dalam bunga dengan cetakan yang lebih kecil. Rekatkan dengan air. Letakkan dalam loyang.
  5. 5.       Beri selai strawberry di tengahnya, susun strawberry di tepiannya. Poles bagian pinggir adonan dengan kuning telur. Oven 150 °Celcius selama kurleb 15 menit atw sampai matang.
  6. 6.       Setelah matang dan dingin, poles strawberry dengan selai strawberry yang dicairkan dengan air panas. Semprotkan cream kocok di atasnya dan beri strawberry segar sebagai pelengkap.sajikan...

Mudah kan teman?...
Selamat mencoba...happy baking....and...Happy 1st Anniversary my beloved LBT...
Semoga LBT makin solid n makin banyak ilmu yang bisa dibagikan. Aminnn...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...